upkuinkhasjember@gmail.com 0812-4975-5134

Persiapkan Karirmu! Seminar Hi Student Career Preparation UPK UIN KHAS Jember bersama Telkomsel, membongkar rahasia sukses mendapatkan karir

Home >Berita >Persiapkan Karirmu! Seminar Hi Student Career Preparation UPK UIN KHAS Jember bersama Telkomsel, membongkar rahasia sukses mendapatkan karir
Diposting : Senin, 01 Jul 2024, 10:52:38 | Dilihat : 285 kali
Persiapkan Karirmu! Seminar Hi Student Career Preparation UPK UIN KHAS Jember bersama Telkomsel, membongkar rahasia sukses mendapatkan karir


Unit Pengembangan Karir (UPK) UIN KHAS Jember mengadakan seminar dengan tema Hi Student Career Preparation melalui kerja sama dengan pihak Telkomsel tujuannya adalah untuk membekali para mahasiswa dalam menyongsong dunia kerja pasca kuliah. Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. Hepni, S.Ag., M.M., CPEM, mengatakan bahwa hal ini selaras dengan kurikulum UIN KHAS Jember yang tidak hanya mengedepankan output tetapi juga outcame mahasiswa yang nyata dalam meniti dunia karir.

Melihat generasi Z saat ini yang di stereotipkan buruk karena terlalu lemah dibandingkan dengan generasi sebelumnya merupakan paradoks tersendiri mengingat keberlimpahan informasi serta kecanggihan teknologi yang semakin maju telah membuat zona nyaman yang semakin sulit ditinggalkan. Berdasarkan media Tirto generasi Z saat ini sangat kesulitan untuk mencari kerja tentunya ada banyak alasan yang membuat hal itu terjadi. Mungkin, yang paling nampak adalah kelemahan dalam mengolah emosional yang dimiliki para generasi Z saat ini.

Acara Career Preparation menghadirkan dua narasumber yakni Dian L Westisari (Regional Jawa Timur - People Business Partner Officer Telkomsel) dan Luthfi Arifianto ( Branch Jember- Engineering Network Operations and Productivity Telkomsel). Pemateri pertama yakni Dian L Westisari memulai materinya dengan sedikit menyinggung tentang kecerdasan emosional ini serta pentingnya memiliki kecerdasan tersebut. Menurut pemateri dari seminar kali ini yang dinamakan kecerdasan emosional secara garis besar adalah kemampuan berkomunikasi, berinteraksi, dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.  
Dalam dunia kerja kecerdasan emosional sangat dibutuhkan untuk membangun relasi  kerja yang nyaman. Bayangkan saja jika ada pekerja yang tidak mampu menyesuaikan diri dalam dunia kerja tentunya akan menimbulkan ketidaknyamanan dalam proses penyelesaian sebuah agenda tim untuk mencapai target dalam kurun waktu yang sudah tentukan, sebab hal ini akan menghambat laju kinerja sebuah instansi. 
Hal pertama yang harus disiapkan sebelum mendaftarkan diri dalam sebuah instansi adalah identitas diri yang jelas dalam bentuk CV (Curriculum Vitae). Penulisan CV harus benar-benar dibuat dengan sebaik mungkin agar suatu instansi tertarik ketika membaca identitas suatu pelamar. Ibaratnya CV adalah pandangan pertama yang harus memunculkan suatu rasa penasaran sehingga sang pelamar mampu melangkah ke tahap selanjutnya dalam proses lamaran kerja.
Selain itu, pemateri pertama dari kegiatan seminar kali ini juga menyampaikan tentang pentingnya persiapan yang lain seperti foto profil sosial media kita serta pertemanan dalam sosial media kita yang harus diperhatikan betul dikarenakan pihak instansi terkadang menilai suatu pelamar dari hal-hal yang kita anggap remeh akan tetapi sangat berpengaruh terhadap peluang kita untuk diterima. Sekali buat CV maka semuanya harus dipersiapkan begitu kira-kira yang berkali-kali dikatakan oleh bu Dian L Westisari.

Rektor UIN KHAS Jember, juga mengapresiasi dan mendukung kegiatan career preparation karena memberikan dampak positif bagi peluasan pengetahuan mahasiswa tentang persiapan kerja, sehingga mahasiswa tidak sekedar memahami konseptitus secara konseptual tetapi juga memungkinkan untuk mereka memahami operasional bagaimana praktek mereka di lapangan kerja yang sesungguhnya. 

Kegiatan seperti ini sangat penting untuk diadakan tidak hanya satu kali. Mengingat mahasiswa sekarang dituntut untuk memasuki dunia kerja yang begitu kerasnya. Dengan kegiatan ini diharapkan menjadi bekal penting untuk menunjang karir mahasiswa ke depan.   

Penulis: Moh. Dian Hanafi (Sejarah Peradaban Islam, Fakultas FUAH) - Tim Creative UPK

;