upkuinkhasjember@gmail.com 0812-4975-5134

Merubah Mindset Pekerja Menjadi Pengusaha, UPK UIN KHAS Jember Gelar Kuliah Kewirausahaan Pemuda

Home >Berita >Merubah Mindset Pekerja Menjadi Pengusaha, UPK UIN KHAS Jember Gelar Kuliah Kewirausahaan Pemuda
Diposting : Rabu, 07 Jun 2023, 15:28:32 | Dilihat : 199 kali
Merubah Mindset Pekerja Menjadi Pengusaha, UPK UIN KHAS Jember Gelar Kuliah Kewirausahaan Pemuda


Pesatnya perkembangan teknologi pada masa kini, menjadi kesempatan bagi pemuda Indonesia melakukan banyak hal. Kemudahan yang ditawarkan tak terkecuali bagi anak-anak muda merintis suatu usaha.

Untuk memunculkan jiwa kewirausahaan para anak muda, perlu dilakukan pendekatan oleh instansi-instansi terkait untuk mendorong dan memotivasi mereka. 

Seperti halnya yang dilakukan Unit Pengembangan Karir Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember yang bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Untuk mewujudkan kewirausahaan pemuda, UPK UIN KHAS Jember menggelar Kuliah Kewirausahaan Pemuda pada Selasa (6/6/2023) di Gedung Kuliah Terpadu UIN KHAS. Acara bertajuk Mengubah Mindset Pekerja Menjadi Pengusaha ini dihadiri oleh para narasumber dari Kemenpora RI, PT Pegadaian, dan pelaku wirausaha muda.

Rektor UIN KHAS Jember Babun Suharto mengatakan di masa mendatang kewirausahaan sangat dibutuhkan. Akunya mahasiswa UIN KHAS sudah mendapatkan mata kuliah kewirausahaan di semua fakultas.

“Saya kira ilmu sudah didapat, tinggal bagaimana ilmu itu bisa diterapkan oleh mahasiswa di tengah masyarakat,” ujar Babun.

Sementara itu hadir pula Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Ni’am Sholeh untuk membuka acara Kuliah Kewirausahaan Pemuda ini. Dirinya memotivasi para mahasiswa yang hadir untuk mencoba memulai wirausaha.

Menurutnya dengan memanfaatkan kelebihan dari digitalisasi, berwirausaha bisa menjadi sangat murah, mudah, efektif dan juga efisien. “Kalau dulu, usaha harus dengan modal yang cukup, alat yang banyak, pemasaran yang rumit, kemudian tempat yang mahal,” kata Asrorun.

Adapun empat hal yang sudah dimiliki para mahasiswa yang menjadi kunci merintis usaha, yaitu kemauan, inovasi, kreativitas, dan networking. “Makanya kegiatan hari ini untuk menyadarkan bahwa setiap anak muda itu punya potensi kewirausahaan yang perlu ditumbuhkan dan dikembangkan dengan mentor yang tepat,” papar Asrorun.

Ia mengungkapkan bahwa Kemenpora melakukan penandatanganan kerjasama dengan 36 kampus, salah satunya UIN KHAS Jember, untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan dikalangan anak muda.

“Kenapa kampus? Karena hakikatnya anak muda di kampus secara mental sudah siap untuk berubah, belajar dan melakukan inovasi dalam aktivitas kewirausahaan,” pungkas Deputi Kemenpora itu.

;