upkuinkhasjember@gmail.com 0812-4975-5134

Pelatihan Kesiapan Kerja 2022 UPK UIN KHAS Tingkatkan Kesiapan Mahasiswa Masuki Dunia Kerja

Home >Berita >Pelatihan Kesiapan Kerja 2022 UPK UIN KHAS Tingkatkan Kesiapan Mahasiswa Masuki Dunia Kerja
Diposting : Rabu, 29 Nov 2022, 15:06:00 | Dilihat : 373 kali
Pelatihan Kesiapan Kerja 2022 UPK UIN KHAS Tingkatkan Kesiapan Mahasiswa Masuki Dunia Kerja


Unit Pengembangan Karir (UPK) Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS) mengadakan seminar dan pelatihan kesiapan kerja 2022 di Gedung Kuliah Terpadu UIN KHAS pada Sabtu (26/11/22). Acara tersebut turut juga dihadiri oleh Dr. H. Hepni Zein, S. Ag. M.M (Wakil Rektor III UIN KHAS Jember) sekaligus membuka acara tersebut.

Dalam pelatihan itu, peserta mendapat wawasan terkait dunia kerja. Mulai soal menemukan potensi diri, proses seleksi, tips menghadapi psikotes, tips menghadapi interview dan cara membuat surat lamaran kerja dan CV. Materi disampaikan langsung oleh narasumber-narasumber yang telah berpengalaman. Di antaranya, Januariya Laili, S.Psi, M.Psi dan Lilla Noervita Andiyani, M.Psi. Psikolog dari Tim Ahli Laboratorium P3LM Fapsi Unmuh Jember

“Supaya mereka mengetahui dunia kerja di luar itu seperti apa irama dan perkembangannya, agar mengetahui ada perubahan gaya seleksi, aturan-aturan, dan tuntutan seperti apa,” jelas Januariya Laili, S.Psi, M.Psi, Tim Ahli Laboratorium P3LM Fapsi Unmuh Jember.

Salah satu yang perlu disiapkan, yaitu asesmen psikolog. Menurut Lilla Noervita Andiyani, hal sedetail mungkin dari penampilan dapat mempengaruhi penilaian. “Kuku jari tidak rata dan hitam. Meskipun itu cuma satu, menandakan orang itu mudah gugup. Jadi, apa yang tampak di awal itu bisa mencerminkan diri kita."

Sedangkan menurut Januariya Laili, agar mendapat penilaian lebih haruslah menjadi berbeda. “Kalian semua sama di hadapan pewawancara. Maka, jadilah yang berbeda agar dapat menarik perhatian. Pikirkan jawaban yang berbeda dari yang lain."

Bukan hanya materi pada akhir sesi peserta dapat mengikuti tes interview. Bahkan, peserta dapat mengonsultasikan hasil tesnya.

Perlu diketahui pelatihan kesiapan kerja ini yang diadakan oleh UPK ditujukan kepada mahasiswa untuk memberikan bekal yang diperlukan saat memasuki dunia kerja. (*)

Berita Terbaru

Menjadi Konten Kreator Hebat: Peluang dan Tantangan di Era Digital
01 Apr 2024By admin
UPK UIN KHAS Jember Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Media Digital
01 Apr 2024By admin
Pendaftaran Pelatihan Jurnalistik & Media Digital UPK 2024
21 Mar 2024By admin

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru
;